Rabu, 22 Mei 2013

Mr. i kena tipu di Facebook

Hahaahhaha...sorry Mr. i harus mengawali tulisan ini dengan ketawa, soalnya lucu aja sich kalo Mr. i yg malah ketipu...apa kata dunia perdetektifan.

Jadi ceritanya gini, suatu malam ada inbox dari seseorang teman yang kebetulan gak cuma berteman di facebook tapi juga teman deket Mr. i didunia nyata namun sudah jarang ketemu. Isi inboxnya lebih kurang seperti ini : "Mr. i ada uang gak di rekening bank, gw pinjem 100 ribu malem ini juga, soalnya nanggung lagi kalah maen Poker, besok gw balikin sumpah demi Allah, ga selamet idup gw kalo boong"

Sebetulnya di point ini Mr. i rada bingung antara mau minjemin atau nggak, ga dipinjemin ntar ga enak dikira pelit, dipinjemin sama aja jerumusin temen kedunia judi. Akhirnya dengan berat hati Mr. i ngecek saldo Mr. i di rekening bank melalu internet banking, dan ternyata aku lupa bahwa uang di bank baru siang tadi dikuras abis cuma sisa 100 ribu buat nambahin modal yang Mr. i kelola.

Dengan berat hati Mr. i bilang kalo uang di bank udah ludes, namun si Pelaku tetep memaksa minta dicariin duit pake rekening keluarga Mr. i yang lain. Di point ini Mr. i mulai kesel dan langsung mematikan netbook.

Selang dua hari, ternyata Pelaku mengirim pesen lagi dan meminjam uang sebesar 100 ribu lagi buat dia berobat ke dokter, katanya dia kena gejala tipus. Awalnya sih Mr. i bukan menjadi iba, malah jengkel dan kesel banget, kok bisa-bisanya dia minjem duit terus ke Mr.i buat segala kebutuhan idup dia, apa gak ada lagi tempat pinjem duit.

Tapi tiba-tiba Mr. i merasa ada keganjilan disini, Mr. i langsung coba menganalisa apa yang salah, berikut analisa Mr. i :

  1. Pelaku menyebut Mr. i dengan panggilan "Kadier" bukannya "Kadir" (Kadier dan Kadir bukan nama Mr. i sebenarnya, cuma sebagai visualisasi aja agar pembaca memahami). Padahal kata "Kadier" itu hanya Mr. i gunakan di dunia Maya dan di name card Mr. i dulu sewaktu masih bekerja, jadi yang tahu kata "Kadier" hanyalah temen-temen di dunia maya dan temen-temen dikantor dahulu.
  2. Dia menyebut kena sakit gejala tipus adalah sebuah keganjilan yang sangat aneh, bagaimana dia tau sedang kena gejala tipus padahal dia belum berobat ke dokter?
  3. Dan ada beberapa hal lain yang ganjil namun atas alasan keamanan identitas asli Mr. i maka Mr. i putuskan untuk tidak mempublishnya disini
Berikut penampakan secreen shootnya :


Yachhhh...seenggak-enggaknya kalian tau kota asal Mr. i dari bahasanya...hehhee

Nah, karena rasa penasaran itulah maka Mr. i coba menanyakan nomor rekening pelakunya, dia memberikan rekening BCA dengan nomor rekening 8490102095. Bingggooooo.....dia mau kasih nomor rekening....

Berbekal sedikit informasi nomor rekening tersebut makan Mr. i putuskan untuk melacak lebih jauh Identitas pelaku, ternyata nomor rekening itu atas nama Kristian Franko, busettt keren amat nama temen gw itu.

Mr. i menyimpulkan bahwa akun facebook temen Mr. i tersebut postif telah kena hack orang lain. Lalu Mr. i mencoba untuk membicarakan hal ini kepada temen Mr. i dan memberikan opsi kepada dia untuk merebut kembali facebook tersebut atau membawa kasus ini lebih jauh ke ranah hukum. Jujur saja, menurut Mr. i sangat sulit di buktikan bahwa nomor rekening tersebut adalah nomor rekening Pelaku, bagaiman kalo seandainya justru pelaku hanya ingin memfitnah orang lain dengan memberikan nomor rekening orang yang dituju agar menjadi tersangka? Mengingat nominal yang sangat kecil sekali, maka Mr. i ambil kesimpulan dari kasus yang Mr. i alami ini hanyalah upaya memfitnah pihak lain saja. Masak iya sih ada orang nipu secanggih itu cuma buat dapet duit seratus ribu doang? nanggung amat nipunya. Atau malah justru Pelaku memegang prinsip biar dikit asal dapet. Buat apa nipu jutaan namun kemungkinannya sangat kecil sekali, mending nipu dikit tapi kemungkinannya bisa 80 % terjadi.  

Dari sekelumit cerita ini, Mr. i mewanti-wanti kepada agan-agan sekalian untuk tetap waspada terhadap segala tindak kriminal yag terjadi di dunia maya, bayangkan kalo seandainya saja waktu itu uang Mr. i ada dibank, bukan tidak mungkin Mr. i juga kena tipu.

Tetap jaga akun dunia maya agan terlindungi secara benar dan aman. Kebayangkan kalo kasus ini terjadi di agan, bukan tidak mungkin bakal panjang urusannya, atau malah agan dan temen agan yang fbnya telah di hack seperti ini malah jadi berantem.

Yachhhhh....seenggak-nggaknya ada seseorang nun jauh disana yang sedang menguji kemampuan analisa Mr. i ...hehhehehhe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan Anda, semoga kontribusi Anda dapat mengedukasi Masyarakat agar bisa berinternet Sehat. Untuk menghindari laporan dan komen yang menjelekan pribadi lain, maka Mr. i akan menyeleksi setiap komentar yang akan dipublikasikan, dan Mr. i tidak menerima komentar dari Anonymous