Rabu, 29 Mei 2013

Tips berbelanja aman di Tokobagus

Kali ini Mr. i akan memberikan tips aman bertransaksi di Tokobagus buat para Detektif Semua.

Seperti yang kita ketahui, sejak Tokobagus memulai genderang perangnya di Media Massa khususnya di Televisi, maka sejak itu pula Tokobagus semakin terkenal, pengunjung yang mencari barangnya makin banyak dan yang berpartisipasi menjual barang secara online di Tokobagus semakin bertambah. Jadi bisa Mr. i katakan bahwa Tokobagus menjadi leader sebagai website periklanan terbesar di Indonesia.

Prinsipnya dimana ada gula diatas meja bisa dipastikan disitu banyak lalat yang mengerubuninya. Yah semakin besarnya Tokobagus maka semakin banyak pula para Penipu Online yang membanting setir bermain di Tokobagus, Namun sekali lagi saya tekankan disini, jadilah pembeli yang bijak, jangan mudah tertipu dengan harga murah namun tidak bersedia melakukan COD. Dan jika anda sudah terlanjur tertipu di salah satu lapak di Tokobagus, sebaiknya laporkan ke Tokobagus sesegera mungkin agar dapat di Blokir akun Penipunya oleh pihak Tokobagus.

Mr. i memberikan beberapa Tips berbelanja online di Tokobagus agar bisa terhindar dari Penipu-Penipu Online, berikut Tipsnya :

Lihat status Penjualnya apakah Verified Member atau tidak. Apa itu Verified Member? Verified Member adalah status pedagang yang diberikan oleh Pihak Tokobagus yang telah memverifikasikan alamat aslinya, sederhananya seperti ini, Penjual mengajukan permohonan Verified Member ke Tokobagus lalu Tokobagus akan mengirimkan Nomor PIN melalui surat ke alamat Penjual dan Penjual yang telah menerima PIN akan memasukan nomor PIN nya itu ke Akun Tokobagusnya, sehingga secara tidak langsung bisa dikatakan Alamat yang didaftarkan oleh Penjual benar adanya.


Lihat lingkaran merah yang Mr. i tandai di gambar atas, itu contoh akun Penjual yang telah mendapatkan Status Verified Member di Tokobagus. Namun itu bukanlah acuan yang valid dan belum bisa dikatakan 100% anda safe dalam berbelanja dengan Penjual yang berstatus Verified seperti itu. Tapi setidaknya itu jadi acuan anda bahwa Penjual telah memberikan itikad baik dalam berjualan online.

Sebaiknya melakukan kontak langsung dengan Penjual melalui handphone dan tanyakan spesifikasi dengan sejelas-jelasnya, dan jika ada Pin Blackberrynya dan kebetulan Anda juga menggunakan Blackberry, maka invitelah Penjual dan mintalah dia untuk memfoto ulang barang yang dijual dengan hanya menggunakan Blackberry saat itu juga dari segala sisi.

Dan terkahir Mr. i katakan bahwa Transaksi teraman adalah dengan melakukan COD alias Cash On Delivery atau Ketemuan secara langsung ditempat yang telah disepakati. Dan perlu diingat bahwa sebaiknya Transaksi COD dilakukan ditempat keramaian dan Anda jangan datang sendirian, ajaklah seorang teman untuk menemani Anda.
.

Semoga beberapa Tips diatas bisa membuat Anda aman dan nyaman dalam berbelanja di Internet

Kepada semua Detektif yang berkunjung, Mr. i memohon bantuannya agar mengeshare website ini ke akun sosial media masing-masing, Mr. i yakin bersama-sama kita dapat menekan jumlah Penipu di dunia maya....!!!!

15 komentar:

  1. mr.detektif kemarin ane liat" barang di lapak Hanny Hamzz.stitchshop di TB yg sudah verified,jenis yg dijual ama dia semua nya elek tronik jenis kamera dan di kasih satu buah iklan yg sudah laku/terjual,nah barusan tadi sore ane cek lagi di lapak yg sama udah ganti jualan mainan lego n sejenisnya...wah kayaknya uda ada korban nih ama dia makanya kog ganti barang dagangan,sebagai sesama pembeli ane cuma ngingetin supaya jeli n jgn asal percaya dgn harga miring dgn alasan ngabisin stock dst...

    BalasHapus
  2. Makasih Min atas infonya... saya udah sekali ketipu
    ...hehe

    BalasHapus
  3. min tanya donk caranya lapor ke tokobagus kalo ada olshop penipu di tokobagus gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. email ke support@tokobagus.com , tapi percuma saja , kemungkinan ditanggapingnya 0,0000000000000000001%, pengalaman pribadi, malah tambah jengkel.

      Hapus
    2. Bener bro, ngadu ke support@tokobagus.com tidak ada gunanya. Yang ada tambah dongkol. pengalaman pribadi. Padahal waktu itu cuman ngelaporin pedagang yang menawarkan harga peralatan sound system dengan harga tidak masuk akal. Tidak ada kejelasan dan ane yakin operator toko bagus orang-orang d0ng0 .

      Hapus
  4. Makasih atas infonya gan. Sumpah selama ini ane jual barang secara jujur, dan belinya Alhamdulillah juga ga pernah ketipu. Tapi hari ini akhirnya ketipu ama member tokobagus yang ngga "verified". Ane jd kapok dah, ga maw lagi beli kalo ga verified :(

    BalasHapus
  5. HARI GINI MASIH KENA TIPU??????....Gunakan akal sehat anda?

    jangan bilang ini takdir!!!!!jangan bilang anda lagi apes!!!!!
    janganlah beramal kepada penipu!! beramallah kepada fakir miskin

    tip beli online boleh di praktekin/terbukti sejak th 2008 sering belanja online, belum pernah ketipu dan
    jangan sampai ketipu, tertipu tidaknya kita tergantung kepada anda sendiri :

    1. carilah dahulu barang yg di perlukan dekat dengan lokasi anda ( bisa cod atau ketoko si penjual), cod artinya bayar di tempat sesuai kesepakatan

    2. jika penjual tidak mau cod, tidak bisa ke tokonya, hanya mau kirim-kirim saja, kalau saya pribadi. lewatin saja iklan tersebut walaupun antara penjual dan pembeli dekat lokasinya,

    3. cermati dan amati iklan penjual dari awal hingga akhir, ada yg ganjil gak,baik harga dll

    4. cek dahulu harga pasaran saat ini baik bekas atau baru.jadi anda tidak tertipu harga di kemudian hari

    5. cek dan searching di google no hp sipenjual, ada masalah gak, atau tidak di temukan di google harus waspada

    6. kalau saya lihat member si penjual sudah lama atau belum bergabung di semisal toko bgs/ka*k*s dll, di situ kelihatan, dan

    saya cari pedagang yg punya 2 nomor atau lebih yg bisa di hubungi, apalagi nomornya seragam

    7.jika anda sebagai pembeli yg jauh lokasinya dengan penjual, gunakan jasa rekber/pihak ketiga yg rekomendasi,bisa di searching di google juga,tidak ribet pakai rekber/sangat mudah bagi penjual dan pembeli asal ada kemauan

    6. jika anda pembeli masih nafsu dan yakin,mau transfer dulu, harap pikirkan lagi, karena doa dan keyakinan andalah yg membuat anda tidak tertipu, jangan gunakan nafsu, nafsu melemahkan akal dan pikiran

    7. belanja di web resmi tidak harus online atau transfer dulu, biasanya kalau web yg ok, punya kurir untuk mengantar barang sesuai kesepakatan,

    8. jika masih ragu lagi belanja online, anda bisa meminta beberapa nomor resi dari penjual,bisa di cek pengirim harus sama dan alamatnya, contoh lokasi penjual di jakarta resinya juga harus dijakarta, serta pengirim dan alamatnya

    9. pastikan membeli barang di sertai dengan kwitansi,dan garansi, jadi kalau ad apa-apa anda bisa komplain dan juga sebagai bukti anda beli bukan nyolong,.hhh D:

    10. jika ragu-ragu terus!!!lebih baik anda tidak usah beli online, ke mall saja bersama keluarga

    mari kita musnahkan atau minimalkan penipu di dunia maya,

    KEJAHATAN TERJADI BUKAN KARENA NIAT!!!! KEJAHATAN BISA TERJADI KARENA ADA KESEMPATAN,!!!!
    JANGAN KASIH KESEMPATAN PENIPU UNTUK MENIPU!!!GUNAKAN AKAL SEHAT ANDA AGAR TIDAK TERTIPU!!!

    BalasHapus
  6. gan saya mw lapor gan.kejadian nie baru saya alami baru2 nie.
    saya membeli blackberry davis 9220 seharga 700rb sm fusti_ramadhani d toko bagus.
    saya transfer hari jumat tgl 1 november 2013.saya transfer jam2 11an gitu gan 350rb.
    alasan saya transfer 350rb.kt nya brg bisa d kirim.nanti pelunasan setelah brg nyampek d saya gan.setelah itu dia tele lagi minta 350rb lagi gan.sm 50rb ongkir nya.saya jwb nnt saya sholat jumat dulu.kt nya ywd hbs sholat jumat ya kirim.ywd sya kirim lagi 400rb.saya sms dia kapan brg bisa nyampek kt nya senin pagi.tak lama dia blg bg brg nya d cancel gk dikirim hari minggu kata nya.ywd saya blg kpn kira2 nyampek selasa siang jam 1/2 satu.terus ada org.ngaku2 polisi gan tele saya.kt nya brg saya legal.dia ngancem2 saya mw dipenjara 5tahun denda sekian ratus juta mas.terus saya ksi ajja hp nya sm ortu saya.dia blgn anggota nya mw dtg kerumah saya mas klo saya gk dtg ksn.kata bapak saya dmn kantor bapak dimatii tele sm dia mas.terus saya coba sms gk d bls saya tele gk aktif no nya.sampek hari rabu nie mas saya hbg 2 no ini gk bisa.
    ini no fusti ramadhani mas 085932864847.sementara ini akunt/lapak nya msi ada d toko bagus.

    terima kasih mohon bantuannya?
    dan ni no rek.kt nya karyawan nya 0286312468 A.N BAPAK HARTONO.

    BalasHapus
  7. Gan tolong cek abdul_moses d toko bagus, penipu g dy ni, d ajak cod mau cuma saya d kaltim.nama d toko bagus,bbm,asli, beda semua,,gimana nih pendapat temen"?

    BalasHapus
  8. Hati hati dengan penipu dengan no hp 085763143746 waktu sy sms balesnya pake nomor 085763140458 ,, orang yang sama ,,, sy beli tinta canon ,, uang sudah sy transfer 250 k ,, dan barang tidak pernah terkirim,,no resi tidak diberikan,, no hp masih aktif..... alamat pertama daerah palembang sumatra selatan.... no hp ke 2 sy cek alamat riau pekan baru ......... Hati hati ,, semoga mendapat balasan yang lebih kejam ,,,

    BalasHapus
  9. maaf saya lupa,, dia kasih saya nomer rekening mandiri atas nama ayu setyorini 9000013719464 ,, pernah saya telpon,,dia laki laki ,,,, iklan iklannya di toko bagus masih banyak yang aktif,, dan baru diposting

    BalasHapus
  10. Waah.. sama saya jg baru kena nih.. atas nama AYU SETYORINI pake rek Mandiri 9000013719464. Kalo noHP dah pasti ganti-ganti bro.. Waspadalah-waspadalaaaah...

    BalasHapus
  11. Saya juga baru kena nih,,Rek CIMB Niaga atas nama BARI SUHAERI,no hp dah nggak aktif,,,alamatnya di Pilar Cikarang utara,,,hati hati gan........

    BalasHapus
  12. Klw mau beli barang di toko bagus lebih baik langsung ketemuan.cek barang,deal,langsung bayar.hindari transfer2.krn penipu banyak yg masang iklan disitu.klw g' mau diajak ketemuan,ya udah.beli di toko aja/cari yg lain..

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungan Anda, semoga kontribusi Anda dapat mengedukasi Masyarakat agar bisa berinternet Sehat. Untuk menghindari laporan dan komen yang menjelekan pribadi lain, maka Mr. i akan menyeleksi setiap komentar yang akan dipublikasikan, dan Mr. i tidak menerima komentar dari Anonymous