Selasa, 09 Oktober 2012

Awasi aktifitas internet anak anda

Masih inget kasus fresh siswi SMP didepok yang diperkosa oleh teman facebooknya? Tentunya kita tidak ingin kasus seperti ini terjadi pada keluarga kita. 

Mungkin selama ini Anda terlalu membebaskan anak-anak dari aktifitas internetnya atau selama ini Anda kurang mengawasi kegiatan sosial media dia. Atau bahkan celakanya Anda tidak tahu apa ID Facebooknya, Sebaiknya Anda kaji ulang kebebasan yang Anda beri kepada anak Anda ini.

Memang, kebanyakan sosial network memberikan aturan ketat mengenai batasan umur untuk mendaftar di jejaringnya, namun hal ini tidaklah memberikan jaminan bahwa anak kita akan memanipulasi usianya saat mendaftar di website tersebut.

Jadi bagaimana solusi terbaiknya? simak tips menghindari pelecehan seksual terhadap anak-anak dibawah ini :
  1. Sebaiknya anda mengetahui username dan password akun jejaring sosialnya
  2. Sekali-kali login ke jejaring sosial anak-anak kita untuk melihat sampai sejauh mana aktifitasnya di internet
  3. Pasang firewall seketat mungkin di komputer rumah anda, sehingga anak-anak tidak dapat mengakses situs-situs berbahaya
  4. Dan selalu berikan pengertian mengenai bentuk-bentuk kejahatan didunia maya
Mudah-mudahan dengan sedikit tips diatas akan meminimalisir kejahatan yang dilakukan oleh orang kepada keluarga tercinta kita. Meski sedikit tidak demokrasi namun mengingat hal buruk dapat terjadi kepada buah hati kita akan jauh lebih membahayakannya, maka hal ini patut untuk dicoba.


Selamat berinternet dengan sehat....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan Anda, semoga kontribusi Anda dapat mengedukasi Masyarakat agar bisa berinternet Sehat. Untuk menghindari laporan dan komen yang menjelekan pribadi lain, maka Mr. i akan menyeleksi setiap komentar yang akan dipublikasikan, dan Mr. i tidak menerima komentar dari Anonymous