Minggu, 14 Oktober 2012

Penipu online ngaku dari Batam ternyata orang Palembang

Aha...berbekal sedikit laporan deri seseorang kolega yang fbnya selalu di tag dengan gambar-gambar dagangan online, gw langsung menuju TKP untuk menelisik lebih jauh aktifitas pedagang online yang dimaksud tersebut.

Toko Online ini berdomain blitzelektronik.us dan menjual barang-barang elektronik dari batam. Isi tokonya lumayan lengkap, mulai dari handphone, laptop, kamera dan beberapa barang-barang elektronik lainnya. Pemilik webs mengaku beralamat di : D/A: Jl. Engku Putri blok D No. 24Kota Batam 29453 Indonesia Telp : 082348348833

Awalnya sih saya sempat percaya bahwa ini merupakan Toko Online asli dan tidak melakukan penipuan, namun setelah memperhatikan dengan seksama, ternyata tidak ada nomor telpon kantor maupun rumah yang dicantumkan. Berbekal sedikit kecurigaan ini, saya mencoba menelusuri nomor handphone tersebut, dan kaget bukan kepalang ternyata nomor handphone 082348348833 ternyata telah banyak di blokir atau di laporkan sebagai penipu dibeberapa website bahkan disalah satu forum terbesar di Indonesia juga telah memblack list nomor handphone ini. Ini screen shoot salah satu dari web tersebut :


Klik untuk memperbesar

Lanjut kemenu cara pembelian, disitu ada sedikit kerancuan, ternyata mereka menerapkan juga sistem DP untuk booking barang, seperti ini Therm and conditionnya :
  1. Bagi pembeli yang mau booking harus dengan DP 50% sebagai tanda serius, karena sudah banyak kasus yang mengatakan booking tapi pada hari H nya ga jadi...akibatnya kami yang dirugikan. Barang tidak selalu ready stock untuk semua item.Bila anda berminat, silahkan anda menghubungi melalui :VIA HandPhone :
Saya masih tidak dapat memahami booking yang mereka maksud disini, Dan mereka mengaku merasa dirugikan jika ada yang booking namun tidak jadi, pikir sendiri deh oleh agan-agan...

Solusi aman bertransaksi biar tidak tertipu adalah dengan menggunakan Jasa Rekber, apa itu Rekber? KLIK DISINI

Untuk menjawab rasa penasaran saya tersebut, saya mengujinya dengan menghubungi nomor tersebut melalui SMS private saya di google, begini percakapannya :

Mr. Krabb : Saya tertarik dengan Laptop Asusnya, tapi saya cuma punya uang 1 jt, bisa saya Dp dulu dan jika barang telah dikirim baru saya transfer lagi sisanya (Barang yang saya tawar seharga 7,5 juta)

Pelaku : Bisa, transfer aja dulu 1jt sekarang nanti kalo barang datang silahkan dilunasi

Silahkan agan-agan simpulkan sendiri juga deh, males jelasinnya.

Nah masih di menu pembelian, disitu ternyata dia hampir mengecoh saya dengan menerapkan sistem COD, namun sayang sekali COD hanya bisa dilakukan kepada member yang terdaftar saja di web tersebut, padahal di web tersebut sama sekali tidak ada menu registernya, hadehhhhh...begini penampakannya :

Klik untuk memperbesar, lihat juga nomor rekening yang dihidden

Seperti biasa, nomor rekening di web ini juga tidak dilihatkan alias disembunyikan, jika anda benar-benar seorang penjual online tentunya anda akan berusaha semaksimal mungkin untuk transparan kepada calon pembeli anda, agar mereka tidak ragu berbelanja dengan andakan? begitulah logika sederhananya kawan-kawan.

Ini yang mengejutkan saya, setelah di trace domainnya, ternyata Domain dot us yang dipilihnya ternyata didaftarkan di webhosting reseller dari Jogja dannnnnnnnnnnnnnnn tanpa sadar dia telah meninggalkan remah-remah sedikit yang makin meyakinkan saya bahwa ini adalah website penipuan online. Perhatikan screen shoot dibawah ini :


Klik untuk memperbesar

Ingat pelaku tadi mengaku darimana? yupss  dari Jl. Engku Putri blok D No. 24Kota Batam 29453 Indonesia Telp : 0823 4834 8833, tapi di domain registrannya pelaku lalai dengan telah menulis dari Palembang. Ini yang namanya sepandai-pandai tupai melompat pasti akan jatuh juga.hehhee

Oke sepertinya web ini masih dalam tahap penyesuaian disana-sini, ini terbukti menu profilnya langsung berubah pada saat saya mencoba masuk lebih dalam. Tapi hal ini justru menguntungkan saya, karena ternyata pelaku mengupload sebuah poto yang diakuinya sebagai poto dia, ini penampakannya :


Klik untuk memperbesar

Mesti bilang WOW niy, tapi tunggu dulu, mana ada maling yang mau majangain poto wantednya, iya gak?. Ternyata benar saja saudara-saudara sebangsa tanah dan sebangsa air, lagi-lagi ada korban disini, poto tersebut telah dicatut dari blog pribadinya sis Ainan Indallah yang kebetulan juga punya toko online koreanshops, doi berasal dari Bekasi namun sekarang berdomisili di Korea. ckckckc saya siy udah ngelaporin ke doi, entah ditanggepin atau nggak. Ini screenshootnya webs doi:

Klik untuk memperbesar.

Baca aja disitu, siapa sosok pria yang ada disamping doi...!

Oke deh segini aja dulu investigasi hari ini. Selamat berinternet dengan sehat.

6 komentar:

  1. mantap,,,,thanks info'y sangat bermanfa'at,,,,,

    BalasHapus
  2. Saya tinggal di batam gan, jl engku putri itu luasss.. Juga di jl engku putri itu ga Ada toko electronic.. Ada pun di jl itu ya di mall gan.. Hadehh mentang2 harga electronic di batam murah jd pd bilang dr batam semua dah-_-

    BalasHapus
  3. terima kasih, saya Ainan Indallah, yang foto profilnya dicatut dalam website penipuan OL Shop tersebut..

    BalasHapus
  4. Jd gimana caranya agar pelaku bs segera ditangkap padahal kalo Nur hp nya mah PD aktif kan seharusnya bs dilacak....tp kenapa kepolisian angkat tangan,sebenarnya hrs ngeluarin dana berapa lagi agar pelaku bs ditemukan.seperti anak tirinya pedangdut nazar.kok pelaku bs diketemukan..tgl bantu terima kasih

    BalasHapus
  5. Tlg bantu saya agar para penipu ulung ini segera ditangkap...siapa saja yg punya info untuk mengetahui keberadaan mereka

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungan Anda, semoga kontribusi Anda dapat mengedukasi Masyarakat agar bisa berinternet Sehat. Untuk menghindari laporan dan komen yang menjelekan pribadi lain, maka Mr. i akan menyeleksi setiap komentar yang akan dipublikasikan, dan Mr. i tidak menerima komentar dari Anonymous