Rabu, 10 Oktober 2012

Indikasi penipuan sebuah website toko online

Berikut ini saya ingin membahas tentang indikasi penipuan yang dilakukan oleh sebuah website dengan domain berbayar dot com.
Website toko online ini beralamat di http://dirgahayuelektronik.com.

Awal mula kecurigaan saya adalah ketika saya mencoba menghubungi adminnya via YM, saya mengeklik gambar YM disisi kanan atas berharap bisa terhubung ke YMnya, namun ternyata tidak ngefek apa-apa. Dan setelah saya cek kode sourcenya, ternyata itu bukanlah script YM tapi hanya screen gambar doang. Berikut gambar Icon YMnya :


dan ini scree shoot source codenya :


Oke lanjut investigasinya, saya lalu masuk kemenu tentang kami, ini penampakannya :



Disitu tertulis : Surat Izin Resmi Penyiaran Konten Website dari DEPKOMINFO dengan No.1571/SE/DJPT/KOMINFO/8/2010
Alamat Gerai : 
Jl. D/A : Komplek Delta Villa Blok B No. 7 - 12 Tiban Baru Kota Batam Kepri 29461

dan setelah saya googling, ternyata ada seseorang yang melaporkan surat izin tersebut ke http://www.reskrimsus.metro.polri.go.id/layanan-masyarakat/laporan-masyarakat/Penipuan-belanja-melalui-internet?page=1

seperti ini isinya :
Selamat sore, saya ingin melaporkan bahwa saya ditipu oleh pihak yg menamakan dgn alamat web:www.suryaelektronik.com. kejadiannya saya diberitahukan bahwa ada tempat belanja online yg murah dan saya coba buka dan memang murah, saya membeli barang pada tgl 23 Juni 2011 pada siang sekitar jam 11 dan membeli sebuah Hp senilai Rp.500.000 + ongkir Rp.125.000 sehingga total Rp.625.000. dan pada malam harinya saya di tlp oleh pihak penjual dgn no. 085216770000 diminta untuk mengirimkan uang sebesar 500.000 untuk jaminan di transfer ke Bank Mandiri No.13000 1149 8535 A.n Denny Setiawan. dan pada malam hr itu juga saya ingin mengkonfirmasi bahwa saya sdh mengirimkan uang tersebut tp Hp tidak aktif tetapi besok paginya tgl.24 Juni 2011sekitar jam 09.00 bisa di Hub. kembali dan mereka bilang ok dana sdh d terima dan mereka meminta kembali uang 500.000 untuk jaminan jangka panjang dan saya krm kembali dan sampai saat ini No. Resi pengiriman tidak kunjung di SMS dan total kerugian Rp.1.625.000. ini data dan alamat www.suryaelektronik.com Surat Izin Resmi Penyiaran Konten Website dari DEPKOMINFO dengan No.1571/SE/DJPT/KOMINFO/8/2010
Alamat Gerai :
Jln. Teuku Umar Komp: NAGOYA HILL. Blok.A No. 47 Nagoya Batam 29432 Indonesia
Hotline :
085216770000 (24 Jam Online )

Namun disitu tertulis suryaelektronik dan bukannya dirgahayuelektronik....? ternyata nomor surat sakti ini telah banyak juga digunakan oleh website-website toko online lainnya seperti berryindo dot com, indotronicshops dot com, duniaelectronicshops dot com, cahayamandirihandphone blogspot dot com dan masih seabrek lagi yang mencatut nomor surat sakti ini. Bahkan ada yang berani mencatut nama adira elektronik juga loh. Seremmm

Belum cukup serem loh, malah nomor sakti tersebut juga terdapat disalah satu forum terbesar di negeri ini......

Rata-rata semuanya juga mencatut beralamatkan di Batam. Dan yang anehnya, dikominfo pun nomor tersebut sama sekali tidak ada, yang ada hanya surat izin penyelenggaraan internet interkoneksi atau NAP. 

Dibagian testimonial, setelah di klik poto-poto orang yang ada di menu ini ternyata sebagian mengarah ke facebook orang yang berbeda sekali dengan yang di pajang di websitenya. Kemungkinan besar  beberapa akun facebook tersebut palsu karena tidak memiliki info lengkap serta tidak pernah update status. Penasaran dengan ini, maka saya mencoba mengirimkan pesan kesalah satu akun facebook tersebut yang rata-rata orang Sabah Malaysia, begini isinya : "permisi, apakah anda pernah berbelanja di toko online www.dirgahayuelektronik dot com? Thanks atas infonya..." tinggal nunggu jawaban dari mereka dan akan segera saya update hasinya.

Nah lanjut lagi ke menu cara pembayarannya, begini therm and condition yang diterapkannya :

Bank Transfer
Untuk transfer bank, rincian account adalah:
Bank: BCA, Mandiri, BNI, BRI
Nomor dan nama Rekening KAMI TIDAK CANTUMKAN DI KARENAKAN ADA OKNUM YANG SERING MENCOBA UNTUK MENGJEBOL REKENING KAMI dan untuk INFO LEBIH LANJUT SILAHKAN MENGHUBUNGI CALL CENTER KAMI"

Oke, pertama tidak ada cara CODnya, dan kedua.....dan yang paling penting, pemilik web tidak berani mencantumkan nomor rekeningnya dikarenakan sering dicoba dibobol oleh orang....WHATTTT???? 
Yang ada dibenakku, dia sedang menyembunyikan identitas perbankannya karena takut dilacak...kalo aku punya web kayak gitu, mending terang-terangan aja, toh siapa sih yang bisa membobol rekening bank seseorang, kebanyakan nonton pilem Holywood neh orang, kan setiap kali transaksi online menggunakan internet banking kita harus memasukan Token Pin acak yang kata lain mustahil sekali untuk membobolnya.

Dan seperti biasa, semua gambar dagangannya 100% mencatut dan hasil download dari website lain.
dah akh capek..ntar gw update lagi....

________
UPDATE :

Karena masih penasaran, maka saya coba kirim SMS ke "call centre" nya yg jelas-jelas nomor GSM, bukannya nomor telpon rumah atau kantor. Begini isinya :

Saya : Om saya minat Macbook. berapa yah?
Doi    : yg type brapa?
Saya : Macbook air intel i7 (di web harganya 4juta)
Doi   : 5 juta (dah naik sejuta yah harganya?)
Saya : wah mahal yah, saya hanya punya duit 2 juta di bank, next time aja (gertak sambel)

lalu hp saya bunyi, ternyata nomor call centre nya yg nilpun, gw angkat :

Saya : halo
Doi   : jadi pak ordernya?
Saya : kurang pak duitnya, ntar aja deh
Doi   : Yah gpp pak, kasih aja dulu DP 50% ntar saya kirim barangnya.
Saya : apa bapak percaya sama saya? gimana kalo saya gak lunasin? lagian saya baru punya uang sebulan lagi loh
Doi : gpp pak, kami percaya aja sama konsumen kami, kami berikan waktu 4 bulan untuk melunasinya (sama dengan kredit dong)
Saya : iya deh pak nanti saya hubungi lagi bapak, mau ngobrol dulu sama bini.

Silahkan simpulkan sendiri dari percakapan diatas.

18 komentar:

  1. Waduh mas bro telat ane bacanya.
    Tgl 18 ane ngirim uang ke Rek. BRI 0947-01005383508 a/n. Ana Sumarni. Sbg dp 50% harga Laptop core i5 yg ane pesan. Tapi ampe skrg barang dak kunjung datang.
    Ane udah ketipu Rp.1.050.000 dari yg mengaku punya wabsite www.acer29.webs.com
    Adeganya persis dengan apa yang mas bro critakan.Bagi ane uang segitu Buanyak sekali apa lagi ane cuma seorang Kuli (hehe kasian amat).
    Ane bingung mau ngelapor kemana?
    Jadi klu mas bro tau tempat bisa tolong laporkan.
    Data Saya:
    Nama :aditya pratama
    Alamat : kmp.Cugah kab.Way kanan Lampung
    Email : cinta.mamaa@gmail.com
    Ym: adit pratama

    Data Penipu:
    Nama : Dimas Saputra
    Alamat : Jl. Cendana Blok C10 No.25 Batam Center Riau (tapi ngomongnya Logat Medan)
    Telp Hp: 085367772229 (msh Online)
    Pin BB : 27B337B8 (msh Beroprasi cari mangsa)
    No KTP: 3305126312691117 (ada di situsnya)
    Rek BRI 0947-01005383508 a/n. Ana Sumarni (istri pelaku)

    Tolong Lapor kan Ya Mas Bro di situs2 yg memuat penipuan. Soalnya ane gak sempet. Maklum kerja ane srabutan kdang ngojek, kuli bngunan and kuli pasar.

    Mari amankan belanja Online Indonesia.
    Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap mas bro....nanti saya akan coba investigasi dulu website yg mas bro maksud, salam kenal.

      Hapus
  2. Waaahhh.... gwat bgt tuh... brntung sy blm smpat mesan, he... he...

    BalasHapus
  3. tp mksh yah mas atas info'a :D

    BalasHapus
  4. mas bro ane telat bacanya, bner banget tuh apa yng mas bro bilang,
    doi kaga mau nyantumin nmr rekening, mwnya lwat hp aje katanya karna kerahasiaan, ni blog yang harus di jauhkan dari pandangan mata anda, http://roxyphone-resmi.blogspot.com/

    BalasHapus
  5. http://www.victoryaelektronik.com/ tuh satu lagi silahkan dilacak,, mencurigakan tuh,,

    kmren ada sms gitu katanya ada diskon, soilahkan cek di web, dan harga nya emang waaaaah, menggiurkan. tp untung ane masih bisa kontrol hawa nafsu.. ga jadi beli deh :D

    BalasHapus
  6. Mas mungkin ini salah satu webnya,untung ana surfing@ dulu.ex
    http://mandiricellular.com/?home,1
    cob MONGGO SITUS Nya bener ga

    BalasHapus
  7. Tambah lagi dermagaelektronik.com...tampaknya situsnya mencurigakan karena layout web sama seperti hsl investigasinya masbro...pls check

    BalasHapus
  8. gan coba cek ini gan benergak atu sama tipu2 jg http://mandiri-shopp.blogspot.com minta infonya kesini onlinestoreload@yahoo.com

    BalasHapus
  9. http://mandiri-shopp.blogspot.com dan http://mandiri-shopp.blogspot.com foto2 orang2 yang berada di testimoni sama....hati2 penipuan dan saya hampir jadi korban selanjutnya...

    BalasHapus
  10. ANE HABIS KE TIPU JUGA MAS BRO,,,,,750 RIBU,,BANTUIN DONG,,,,SEKARANG NAMANE TOKOBAGUS BLACKBERRY.BLOGSPOT.COM....
    UNTUNGNYA NIH UANG ANE DIKIT........
    SELAMAT DATANG DI TOKO ONLINE BAGUS BACKBARRY
    _______________PORTAL BELANJA ONLINE MURAH__________
    Surat Izin Resmi Penyiaran Konten Website dari DEPKOMINFO dengan No.1571/SE/DJPT/KOMINFO/8/2010

    TOKO : BAGUS CELLULER
    Alamat: jl.KH.hasyim Ashari Komp.Ruko Niaga roxy mas blok.B7/7-8
    TLP/SMS : 085774034448 (24 Jam online)
    Website: www.tokobagusbackbarr
    INI TEMAN TEMAN SEKALIAN,,,WASPADA YAH

    BalasHapus
  11. Makasie gaN ats Infona.
    Sya jg mau bli camera canon scra OL.. Untung sya selidiki terlebih dl. Alamt webna.. http://­glodekelektronik.blog­spot.com/, surat penyiaranna sama )*DEPKOMINFO dengan No.1571/SE/DJPT/KOMINFO/8/
    2010. D webna jg gx ad No ReQ_na, testi dr cusT_na jga gx jLas.. Jd ragu2 bngeTz u/ transksi.. Untung sya bka invesT_na gaN.. Jd tambah mikir2 lge d..:D

    BalasHapus
  12. mantap blognyo gan..

    1 lagi hal bodoh yg sering d lakuin penipu, adalah nyuruh kita ngirim sms pake format sprt nge-Vote peserta ajang pencarian bakat, trus disuruh kirim ke nomer GSM. bahahaha.. :D

    BalasHapus
  13. http://cahayaeletronic.blogspot.com alamatnya Plaza Pasifik Blok B4 nO 94. Kelapa Gading. JAKARTA UTARA,TOLONG DICEK GAN,ni iklanya buanyak bgt di TOKO BAGUS,terutama di penjualan LAPTOP harganya SUPER MIRING

    BalasHapus
  14. hemmm mkasih info nya gan,,,hampir ketipu dech saya...pas saya lhat dari kode pos kok beda wilayah nya,,,gak akurat banget...terus saya curiga kok gak tercantum nama di rekennig yang bersangkutan...ne alamat website nya mas...n tlong di cek ya...www.galapuangelektronik.com

    BalasHapus
  15. Surat Izin Resmi Penyiaran Konten Website dari DEPKOMINFO dengan No.1571/SE/DJPT/KOMINFO/8/2011

    Tolong dong apa bener ini onlen yg gak nipu.soalnya dia mencantumkan dta ini

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungan Anda, semoga kontribusi Anda dapat mengedukasi Masyarakat agar bisa berinternet Sehat. Untuk menghindari laporan dan komen yang menjelekan pribadi lain, maka Mr. i akan menyeleksi setiap komentar yang akan dipublikasikan, dan Mr. i tidak menerima komentar dari Anonymous